ASI Eksklusif

ASI merupakan anugerah yang diberikan Allah kepada setiap ibu menyusui sebagai makanan utama bayi begitu dia dilahirkan. ASI memiliki beberapa keutamaan yang tidak terdapat pada bahan makanan lain yaitu : 1) adanya colustrum yaitu zat antibodi atau imunisasi pertama pada bayi, 2) mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh normal dan sehat terutama pada 6 bulan pertama, 3) dapat mempererat kasih sayang; 4)murah, tidak usah beli; 5) praktis, tidak repot menyiapkannya; 6) merupakan cara atau metode kontrasepsi alami.

Meskipun begitu banyak keutamaan ASI tapi mengapa masih sedikit ibu-ibu yang memberikan ASI kepada bayinya. Kebanyakan ibu-ibu terutama yang merasa modern beranggapan menyusui itu merepotkan, sehingga lebih memilih memberikan susu botol.

Hal ini tidak lepas dari peran tenaga kesehatan dan media massa. Sering kita dengar di rumah sakit-rumah sakit bersalin begitu banyak bayi yang begitu lahir lalu dipisahkan dari ibunya. Media massa juga begitu genjar mempromosikan susu formula yang membuat anak menjadi cerdas, sehat dan sebagainya.

Dan yang mengkhawatirkan lagi adalah, perilaku ini diikuti oleh ibu-ibu dari kelompok ekonomi menengah ke bawah yang notabene menyediakan makanan untuk keluarga saja pas-pasan. Akibatnya pemberian susu formula tidak mengikuti aturan yang benar sehingga banyak kita dengar anak yang mencret karena minum susu. hal ini bisa terjadi karena kebersihan alat tidak memadai, aturan takar yang tidak tepat dan mungkin juga karena tidak adanya atau kurangnya enzim laktase yang berperan pada metabolisme susu tersebut.

Jika kita telah disiapkan makanan dengan kualitas terbaik bagi bayi kita kenapa kita harus repot-repot mengeluarkan biaya besar tapi mubazzir. wallahuaklam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s