Kebutuhan Gizi Olah Ragawan

Olah raga merupakan salah satu gaya hidup sehat. Untuk mencapai kesehatan yang optimal maka dalam melakukannya harus memperhatikan beberapa hal seperti jenis olahraga, intensitas, frekuensi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan gizi yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Pada saat melakukan olehraga maka akan terjadi pembakaran kalori dari tubuh. Oleh karena itu agar pasukan kalori seimbang dengan yang dikeluarkan maka perlu memperhatikan keseimbangannya.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi olahragawan maka beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

.

  • a. Basal Metabolisme Rate (BMR).BMR merupakan jumlah energi yang yang dikeluarkan untuk aktivitas vital tubuh seperti denyut jantung, bernafas, transmisi elektrik pada otot dan lain-lain.
  • b. Specific Dynamic Action (SDA).SDA merupakan jumlah energi yang dibutuhkan untuk mengolah makanan dalam tubuh antara lain untuk proses pencernaan dan penyerapan zat-zat gizi oleh usus. Besarnya SDA kurang lebih 10% dari BMR.
  • c. Aktivitas Fisik. Pengeluaran energi untuk aktivitas fisik harian ditentukan oleh jenis, intensitas dan lamanya aktivitas fisik dan olahraga.
  • d. Pertumbuhan. Anak dan remaja mengalami pertumbuhan sehingga memerlukan penambahan energi. Energi Tambahan dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang baru dan jaringan tubuh.
  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s