Tantangan Ahli Gizi ke Depan

mgk 2008Saat ini masyarakat telah ribut dengan perdagangan bebas ASEAN dan Cina.Sebuah pertanyaan kekhawatiran yang muncul adalah sudah siapkah kita menghadapi persaingan tersebut? Bagi ahli gizi ini merupakan tantangan yang sangat berat yang mau tidak mau harus dihadapi.
Kita melihat saat ini orientasi lulusan sekolah gizi baik itu Akademi Gizi, S1/D4 Gizi dan pada tingkatan yang lebih lanjut adalah sebagai PNS. Jarang kita menemukan mereka bercita-cita menjadi wiraswasta atau yang sejenisnya yang mampu mengembangkan ilmunya dalam bidang gizi. Bahkan meskipun hanya menjadi tenaga sukarela banyak yang tertarik.

Saat ini kita tengah menghadapi masalah gizi ganda. Di satu sisi kita masih dihadapkan pada masalah-masalah gizi kurang, tetapi di sisi lain masalah gizi lebih sudah mulai datang. Ini merupakan persoalan yang memerlukan penanganan yang serious. ahli gizi memegang peranan yang penting. Ahli gizi bisa terlibat dalam beberapa lapangan kerja seperti pada Industri makanan saat ini sedang giat-giatnya menciptakan makanan yang sehat, menyediakan makanan yang sehat dan bergizi bagi masyarakat, sebagai konsultan gizi keluarga, masyarakat dan banyak lagi.

Lalu apa yang menjadi kendalanya?
Penulis berpendapat ada beberapa hal pokok yang menjadi kendalanya antara lain :
1. Kurang percaya diri. Banyak kita tidak percaya diri terhadap ilmu gizi yang kita miliki. Kita sering menganggap “ah orang lain juga tahu hal itu” apalagi jika berhadapan dengan profesi lain seperti dokter, perawat dan lain-lain.
2. Kurangnya kemampuan berkomunikasi. Komunikasi itu penting bahkan merupakan jembatan mencapai kesuksesan.

Semoga ini bisa menambah motivasi rekan-rekan sejawat untuk lebih membuat ahli gizi eksis.

Selamat Hari Gizi Nasional 25 Januari 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s