Ma….aku adalah manusia bukan sapi…..

its beautiful

Semakin hari semakin banyak orang tua yang melalaikan kewajibannya,..yaitu memberikan yang terbaik buat sang bayi termasuk dalam masalah makanan. Begitu bayi keluar,..maka ia akan menangis,..entah karena bahagia tau juga karena sedih. Selama berada di dalam kandungan, dia selalu mendapatkan makanan yang terbaik yang ada pada ibunya. Begitu dia keluar maka ia harus berusaha beradaptasi dengan dunia baru. Mungkin juga bayi menangis karena lapar….

Kita lupa bahwa bayi dengan ASI bagaikan dua kesatuan, ASI ada karena ada bayi….Adakah orang yang menghasilkan ASI tanpa hamil dan menyusui? dan ASI akan kering jika tidak diberikan kepada bayi?

Kembali kepada masalah awal…. Ibu tidak memberikan ASI bukan hanya karena ia tidak ingin memberikannya…Tapi sering karena ketidaktahuannya dan yang lebih parah lagi karena terpengaruh oleh Orang Pintar dan Iklan.

Kenapa saya menulis orang pintar dan iklan. Kenyataannya tidak sulit kita temukan. Mari kita lihat kondisi di Klinik-klinik bersalin. Di sini akan terpampang poster-poster tentang ASI tetapi dibuat oleh orang tidak mau ibu menggunakan ASI. Para bidan dan dokter terpengaruh oleh iming-iming hadiah, uang dan sebagainya. Oleh karena itu mereka akan berusaha merayu ibu dengan berbagai cara agar menggunakan produk yang mereka tawarkan. Alasan ini baik dan ASI ibu belum keluar adalah alasan klasik..

Saudaraku..ibu-ibu yang lagi hamil atau remaja putri yang sebentar lagi menjadi calon ibu…Anak kita begitu keluar dari rahim masih membawa cadangan makanan untuk beberapa saat…Jadi kita tidak perlu khawatir jika dalam 30 menit, atau 1 jam bahkan dalam 1 hari ASI belum keluar. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sampai 3 hari anak masih bisa sehat tanpa diberi makanan lain. Jadi sabarlah ibu..jangan mau diimingi oleh oknum petugas yang tanpa dosa menjerumuskan ibu

Jika bayi bisa ngomong langsung maka dia akan mengatakan” Ma..aku adalah manusia bukan sapi”

Semoga ini menjadi perenungan kita, bahwa menyusui itu penting buat segalanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s