Menjaga Asupan Gizi Saat Puasa

Berpuasa bulan ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat islam yang harus dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al Baqarah 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa“.

Puasa selain merupakan nilai ibadah juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut beberapa penelitian manfaat puasa untuk kesehatan antara lain : 1) Dapat menurunkan kolesterol darah; 2) dapat menurunkan tekanan darah tinggi; 3) dapat menurunkan gula darah; 4). Dapat mengurangi stress; 5). Dan banyak manfaat lainnya.

Agar puasa kita berjalan dengan khidmat dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan maka sebaiknya setiap orang memperhatikan konsumsi makanan selama berpuasa.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih menu saat berpuasa yaitu :

1. Memenuhi syarat gizi seimbang : Makanan saat berpuasa sebaiknya memenuhi kebutuhan kalori, protein, lemak, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan . Menu seimbang sangat penting untuk menjaga kualitas puasa kita karena dengan asupan yang seimbang akan bermanfaat bagi aktivitas kita selama berpuasa, menjaga pertumbuhan sel-sel dan mengatur metabolisme tubuh.  Menu seimbang sangat penting terutama saat berbuka dan makan sahur.

2. Cukup Serat : Serat sangat penting artinya dalam membantu kelancaran metabolisme tubuh, memperlancar proses buang air besar dan memberikan rasa kenyang yang lama. Hal ini penting bagi orang-orang yang berpuasa.

3. Cukup cairan : Air merupakan komponen terbesar dalam tubuh. Oleh karena itu meskipun kita berpuasa, asupan cairan tetap menjadi perhatian utama.  Usahan minum minimal 8 gelas  (2 liter) per hari, yang dapat diatur sesuai kondisi.

4. Berikan suplemen jika perlu. Suplemen diperluka pada kondisi tertentu, tetapi tidak boleh dijadikan sebagai kebiasaan atau keharusan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s