Mengapa Sahur itu Penting???

Salah satu asfek yang penting dalam menjalankan ibadah puasa adalah sahur. Bahkan Rasulullah  Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk melaksanakan sahur bagi yang ingin menjalankan ibadah puasa. Sahur disamping mengandung barokah juga memiliki asfek positif yang lain dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Lalu, bagaimana asfek sahur dari ilmu kesehatan ???

Rasulullah menganjurkan kita untuk melaksanakan sahur di akhir waktu. Hal ini mengandung makna yang sangat essensial dari asfek kesehatan. Mengapa???

Kita menjalankan ibadah puasa antara 12-14 jam, dan saat ini sekitar 13 jam. Makanan akan kosong di lambung dalam waktu 4 jam , dan selama itu kita akan menggunakan asupan zat gizi dari makanan pada hari itu untuk  beraktivitas sehari-hari, baik untuk bekerja, berpikir, dan lain-lain.  Setelah itu maka kita akan menggunakan cadangan yang ada di sekitar otot dan hati yang disebut “glikogen””.  Glikogen ini tidak banyak sehingga pemakaiannya pun terbatas sehingga terakhir kita akan menggunakan cadangan yang disebut”lemak”.  Sehingga sekitar 12-14 jam kita berpuasa  itu tidak berdampak buruk terhadap kesehatan.

Lalu bagaimana jika lebih dari itu?

Kita tidak dianjurkan untuk berpuasa penuh sehari semalam karena pasti disitu ada ketidakbaikan. Begitu juga halnya jika kita sahur diawal waktu atau ditengah-tengah waktu. Hal itu akan mengurangi waktu tubuh untuk menerima makanan, terutama air. Oleh karena itu marilah kita jangan lupa untuk sahur terutama di akhir-akhir waktu, sehingga pada akhirnya kita mampu menjalankan ibadah puasa dengan penuh kekhusukan dan mendapat rahmat dari Allah SWT. Semoga pada akhir ramadhan akan membawa kita menjadi muslim yang bertaqwa.

Wallahua’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s