Menikmati Rasa Sakit/kecewa

Salah satu hal yang membuat orang merasa sangat sedih adalah apabila mendapat musibah. Musibah entah berupa kegagalan, kekecewaan maupun sakit secara fisik. Semuanya seolah-oleh begitu tidak mengenakkan.
Kenapa saya tertarik menulis hal ini?
Saat Resufle kabinet yang baru saja terjadi kita bisa melihat beberapa ekspresi dari setiap orang. Ada menteri yang bingung, kecewa. begitu juga dari partai politik. lebih-lebih masyarakat yang terlalu tinggi harapan.
Apakah itu salah?
Of course Tidak.
Rasa kecewa akan timbul dari tidak tercapainya harapan. Makanya orangtua kita sungguh bijak mengingatkan agar jangan menggantungkan harapan terlalu tinggi,…kalau jatuh sakit sekali ” kata orang tua kita dulu. Bener juga …
Rasa sakit, sedih, kecewa ternyata bisa dikurangi apabila kita nikmati. Sakit fisik secara medis saja tidak selamnya harus diberikan obat penghilang rasa sakit atau analgesik, tergantung beratnya rasa sakit. Kalau masih bisa dinikmati, lebih baik tidak pakai obat.Begitu juga rasa sedih dan kecewa,..itu juga bisa kita nikmati.
Ada beberapa cara untuk menikmati rasa sakit dan kecewa ataupun sedih :
1. Merenung sambil introspeksi diri. Introspeksi diri merupakan langkah bijak apabila mendapat musibah, bila perlu awali dengan ucapan ” astagfirullah hal adzim” . Bisa saja rasa sedih dan kecewa itu berasal dari sikap dan perbuatan kita, Jadi untuk apa menyalahkan orang lain.
2. Jalin silaturahim. Silaturahim akan mengurangi rasa sakit, kecewa maupun sedih. Silaturahim dengan orang lain akan memberikan peluang kepada kita ternyata masalah bukan hanya milik kita. Bisa saja orang lain mendapatkan masalah yng lebih berat dari kita tetapi dia baik-baik saja.
3. Tetap berpikir positif. Sakit secara fisik kadang kita perlukan, mungkin kita terlalu sibuk sehingga melupakan keluarga atau orang-orang sekeliling kita dengan diberi sakit mengharuskan kita beristirahat dan dekat dengan mereka.

Wallahualam bissawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s