Manajemen Perubahan di Puskesmas

Puskesmas Ampenan

Saat ini, tuntutan pelayanan dasar yang berkualitas menjadi isu yang sangat penting dalam pelayanan di Puskesmas. Pelayanan yang bermutu meliputi aspek kecepatan dan kesigapan petugas dalam melayani, waktu tunggu yang tidak terlalu lama, sikap dan perilaku petugas serta kenyamanan dan kebersihan ruang pelayanan.
Disisi lain, secara politis, Pemerintah berupaya memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di wilayahnya. Akibatnya adalah semakin bertambahnya beban petugas kesehatan.

Promosi Kesehatan

Masyarakat Untung, Petugas Kesehatan?
Dengan pelayanan kesehatan gratis menyeabkan beban petugas kesehatan menjadi bertambah. Semakin banyak masyarakat yang menggunakan pelayanan kesehatan sekaligus semakin tinggi tuntutan pelayanan yang harus diberikan. Di sisi lain, masalah petugas tidak pernah menjadi perhatian. Tidak adanya kompensasi akibat bertambahnya beban kerja petugas adalah salah satunya. Petugas kesehatan belum dianggap sebagai custumer dalam system pelayanan kesehatan. Pertanyaannnya adalah Apakah mungkin pelayanan berkualitas dapat terwujud jika salah satu bagian dalam system pelayanan kesehatan terabaikan?
Hal ini menjadi masalah pokok dalam pelayanan kesehatan dasar di berbagai daerah. Sudah saatnya para pengambil kebijakan memperhatikan semua sisi dalam sebuah sistem. Petugas kesehatan hendaknya tidak hanya dituntut melaksanakan kewajiban tetapi sebaiknya diperhatikan juga masalah kebutuhan dasarnya.
Dalam hirarki kebutuhan “Maslow” menunjukkan bahwa apabila kebutuhan dasar belum terpenuhi makan sangat tidak mungkin orang akan memperhatian kebutuhan-kebutuhan yang lain.
Jika Puskesmas diajak untuk berubah maka sebaiknya pengambil kebijakan juga mulai merubah aturan yang menghambat perkembangan puskesmas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s