Bina Keluarga Remaja (BKR) Wadah Mengatasi Permasalahan Remaja di Kec Masbagik Lombok Timur

Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. Kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagi kehidupan masa depan mereka selanjutnya. Pada masa remaja timbul permasalahan-permasalahan yang menyangkut kehidupan remaja seperti seksualitas, narkoba dan HIV/AIDS.

Dalam membina remaja agar tidak salah arah mengarungi kehidupan maka peranan keluarga sangat penting. Keluarga harus mampu menjawab dan mengarahkan setiap permasalahan yang dihadapi remaja terutama menyangkut tentang kesehatan reproduksinya. Agar keluarga mampu menjadi teman curhat maka mereka perlu diberikan pengetahuan yang cukup mengenai permasalahan remaja.
Salah satu yang sarana yang bisa sebagai wadah keluarga untuk saling belajar dan berbagi pengalaman tentang mangatasi permasalahan remaja adalah melalui pembentukan Bina Keluarga Remaja (BKR) di Masyarakat.
Bina Keluarga Remaja (BKR) “ Kasih Ibu” adalah BKR Paripurna yang berada di RT 05, Karang Bangket, Karang Majelo, Masbagik Utara, Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. BKR Kasih Ibu dibentuk pada tanggal 24 Februari 2011 berdasarkan SK Kepala Desa Masbagik Utara No. 03/SK.BKR/II/2011.
BKR “Kasih Ibu” dibentuk berdasarkan kesepakatan masyarakat setelah melihat banyaknya permasalahan remaja yang ada di dusun karang majelo, seperti penyalahgunaan narkoba, kebiasaan minum minuman keras, putus sekolah, dan masalah-masalah disharmonis dalam keluarga lainnya.

Agar pelaksanaan BKR bisa berjalan terorganisir maka dikeluarkan SK Kepala Desa Masbagik Utara No. 03/SK.BKR/II/2011 maka pengelola BKR dikelola oleh 15 orang pengurus yang sekaligus menjadi kader, dengan ketuanya ibu Johariah. Ibu Johariah merupakan penggiat pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Masbagik yang sangat perihatin melibat pergaulan remaja saat ini khususnya di wilayah sekitar lingkungannya. Menurut Ibu Joh (panggilan akrab ibu Johariah) dan remaja yang menjadi konselor M. Patuh, banyaknya remaja yang menganggur menjadi akar permasalahan remaja di daerahnya. Mabuk, minuman keras, pergaulan besas adalah salah satu contohnya.

Alhamdulillah, dengan berdirinya BKR kasih ibu ini maka banyak hal yang sudah dilakukan. Sasaran kegiatan BKR adalah orang tua atau pengasuh yang memiliki remaja usia 10-24 tahun yg belum menikah. Untuk meningkatkan ketahanan keluarga khususnya remaja maka telah dilakukan beberapa kegiatan, seperti :

1. Pendataan Keluarga :
Langkah awal yang dilakukan adalah pendataan keluarga sasaran yaitu keluarga yang memiliki remaja umur 10-24 tahun. Jumlah keluarga yang terdaftar sebanyak 76 keluarga yang memiliki remaja.
2. Pelatihan Kader :
Pelatihan kader BKR dilakukan oleh BPPKB Kabupaten Lombok Timur.
3. Pertemuan Rutin :
Pertemuan rutin dilakukan setiap minggu atau 4 kali dalam sebulan. Dalam pertemuan tersebut dibahas perkembangan kasus-kasus remaja yang sudah ditangani sesuai kesepakatn permasalahan minggu yang lalu.
Selaian melakukan kegiatan rutin juga dilakukan kegiatan ekonomi produkstif bagi ibu-ibu remaja, seperti pembuatan jajanan pasar dan lain-lain.
4. Penyuluhan Kelompok :
Penyuluhan kelompok dilakukan kepada keluarga yang memiliki remaja secara berkala minimal 1kali dalam 1 bulan. Penyuluhan kelompok diberikan sesuai dengan kondisi saat itu dan materi yang up to date (mutakhir) tetapi secari materi pokok tetap diberikan antara lain :
a. Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Anak Remaja
b. Tumbung Kembang Remaja
c. Penanaman nilai-nilai moral kepada Remaja
d. Kesehatan Reproduksi Anak Remaja
e. Narkoba dan Minuman Keras
f. HIV/AIDS
g. Pemenuhan gizi remaja
h. Keterampilan/kecakapan hidup anak remaja.

5. Pembinaan Keluarga Remaja/Kunjungan Rumah.
Pembinaan keluarga remaja dilakukan terutama kepada keluarga yang dalam 2 bulan tidak hadir pada kegiatan BKR. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang ada terhadap remaja di keluarga tersebut. Kunjungan rumah dilakukan oleh kader pembina, dimana satu (1) orang kader bertanggung jawab terhadap 4-6 keluarga sasaran. Dengan pembinaan ke rumah sasaran diharapkan dapat membantu sasaran mengatasi permasalahannya menyangkut anak dan remaja.

6. Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja
BKR Kasih Ibu juga merupakan BKR yang memiliki kegiatan terintegrasi dengan PIK R yang ada, dan telah memilki konselor sebaya yang aktif melakukan penyuluhan dan konseling terhadap remaja yang ada. Selain sebagai pusat informasi dan konseling kesehatan, PIK-R juga memiliki kegiatan lain dalam bidang olahraga, seni budaya dan keagamaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s