Lemak Hilangkan Manfaat Vitamin C

Tak hanya membuat gemuk. Lemak, utamanya di bagian perut, ternyata menghilangkan efek antikanker dari vitamin C. Inilah hasil riset laboratorium yang dilakukan sebuah tim pakar dari Universitas Glasgow.

Dalam riset ini, mereka membuat simulasi untuk melihat apa yang sebenarnya yang terjadi di dalam perut manusia. Dari simulasi ini mereka melihat, vitamin C (asam askorbat) mampu melumpuhkan senyawa-senyawa yang berpotensi menyebabkan kanker.

Senyawa-senyawa itu sendiri terbentuk ketika saliva (cairan ludah) dan makanan bercampur dengan asam-asam di perut. Namun, ketika para ahli menambahkan lemak di dalam campuran tersebut, vitamin C tadi tak mampu lagi mengubah senyawa-senyawa berbahaya tersebut menjadi senyawa yang aman. Hasil riset ini menunjukkan, bagaimana makanan yang dikonsumsi seseorang terkait erat dengan kejadian kanker perut.

Bridget Aisbitt, pakar gizi dari British Nutrition Foundation, menyebut hasil penelitian ini sangat menarik. Menurut dia, hasil penelitian ini memberi pesan kepada kita semua mengenai pentingnya menerapkan pola makan yang sehat seimbang. ”Untuk itu, kurangi makanan tinggi lemak dan biasakan mengonsumsi tiga porsi sayur dan buah setiap hari. Buah dan sayur merupakan sumber utama vitamin C.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s